Profile Adiwiyata

Program Adiwiyata tidak ditujukan sebagai suatu kompetisi atau lomba. Adiwiyata adalah program, predikat Adiwiyata merupakan penghargaan yang diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada madrasah yang mampu melaksanakan upaya peningkatan pengelolaan lingkungan hidup secara benar,sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Hasil akhir yang diharapkan adalah terciptanya lingkungan yang nyaman dan warga madrasah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Demi tercapainya lingkungan yang bersih dan nyaman untuk belajar, maka diperlukan langkah-langkah kongkritmuntuk melestarikan lingkungan, sesuai dengan empat komponen program Adiwiyata 

1. Kebijakan berwawasan lingkungan, yang dapat dituangkan dalam kegiatan : membuat visi dan misi madrasah yang peduli dan berbudayalingkungan., kebijakan madrasah dalam mengembangkan pendidikan lingkungan hidup, kebijakan peningkatan sumber daya manusia (SDM) baik

Pendidikan maupun tenaga kependidikan dibidang pendidikan lingkungan hidup, kebijakan madrasah dalam hal penghematan sumber daya alam, kebijakan madrasah yang mendukung terciptanya lingkungan madrasah yang bersih dan sehat, kebijakan madrasah untuk pengalokasian dan penggunaan dana bagi kegiatan yang terkait dengan lingkungan hidup.

2. Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, yang dituangkan
dalam kegiatan pengembangan model pembelajaran lintas mata pelajaran, penggalian dan pengembangan materi dan persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat sekitar, pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan budaya, pengembangan kegiatan kurikuler untuk peningkatan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.

3. Madrasah juga perlu melaksanakan kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dengan menciptakan kegiatan ekstrakurikuler/kurikuler di bidang lingkungan hidup di madrasah, mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang
dilakukan oleh pihak luar dan membangun kegiatan kemitraan atau memprakarsai pengembangan pendidikan lingkungan hidup di madrasah.

4. Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan dilaksanakan
dengan mengembangkan fungsi sarana pendukung madrasah yang ada
untuk pendidikan lingkungan hidup, peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam dan di luar kawasan madrasah, penghematan sumberdaya alam (listrik, air dan ATK),peningkatan kualitas pelayanan makanan sehat, dan pengembangan sistem pengelolaan sampah.

Implementasi program Adiwiyata dan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup tidaklah sederhana, namun dengan adanya pembelajaran pendidikanlingkungan hidup, diharapkan peserta didik, guru dan juga seluruh wargamadrasah dapat mengimplementasikan program Adiwiyata dalam kegiatan
belajar mengajar di madrasah dan memperoleh pengetahuan dasar tentang permasalahan lingkungan, serta mengubah perilaku dan sikap yang dapat merugikan alam juga mengetahui bagaimana pentingnya menjaga kelestarian bumi agar terhindar dari k erusakan.